Sabtu, 02 Maret 2019

Sejarah Discovery Kartika Plaza Hotel Bali

DKPH Bali


Sejarah Berdirinya Discovery Kartika Plaza Hotel Bali
Discovery Kartika Plaza Hotel merupakan hotel pertama di kawasan Kuta, Bali. Hotel ini dibuka pada bulan Juni 1971 dengan nama Kartika Plaza Beach Hotel. Pemilik hotel ini adalah Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) yang dikelola oleh Induk Koperasi TNI Angkatan Darat (INKOPAD) melalui salah satu unitnya yaitu PT.Wisma Kartika.Semua ini dimulai pada tahun 1969 ketika PT. Wisma Kartika memilih dan membebaskan tidak kurang dari 10 hektar tanah di Pantai Kuta, Bali.Kartika Plaza Beach Hotel dibangun bertaraf internasional untuk melayani kebutuhan para wisatawan dalam dan luar negeri.
Bersama dengan berjalannya waktu, Kartika Plaza Beach Hotel mempunyai perjalanan sejarah tersendiri di bawah pengelolaan PT. Wisma Kartika.Hotel ini mulai dioperasikan dengan 52 kamar berbentuk bungalow style Bali lengkap dengan fasilitas hotel berbintang dua. Tanah yang terpakai seluas 4 hektar dan sampai dengan tahun 1978 terjadi penambahan kamar menjadi 56 kamar terdiri dari 52 kamar standard dan 4 kamar suite bungalow. Karena suatu hal, pada tahun 1978 PT. Wisma Kartika tidak lagi mengelola hotel ini tetapi Kartika Plaza Beach Hotel dikelola langsung oleh Induk Koperasi TNI Angkatan Darat (INKOPAD). Perkembangan semakin terlihat dengan adanya penambahan kamar menjadi 120 kamar hingga tahun 1982 yang terdiri dari 110 kamar standard dan 10 kamar suite. Walaupun klasifikasi hotel berbintang dua tetapi fasilitas ditingkatkan menjadi fasilitas berbintang tiga sehingga kembali dapat menembus pasaran Eropa.Pengelolaan oleh INKOPAD berlangsung hingga tahun 1988.
Sejalan dengan pertumbuhan hotel di kawasan Kuta, Legian, Sanur dan Nusa Dua, persaingan menjadi semakin ketat. Pemilik Kartika Plaza Beach Hotel tahu akan hal ini, maka pada bulan Januari 1989 diadakan kerjasama dengan PT. Kharisma Arya Paksi dalam rangka pengembangan dan perluasan Kartika Plaza Beach Hotel. Dalam bulan itu pula dilaksanakan peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan unit hotel kurang lebih di atas 12 hektar tanah yang tersedia untuk 386 kamar lengkap dengan berbagai fasilitas hotel berbintang lima. Pengelolaan Kartika Plaza Beach Hotelyang berbintang lima ini dipercayakan sejak soft opening kepada PT. Aerowisata yang merupakan cabang dari Garuda Indonesia Airways tepatnya sejak Januari 1990. Pihak INKOPAD dan PT. Kharisma Arya Paksi bekerja sama dengan PT. Aerowisata dalam pengelolaan Kartika Plaza Beach Hotel.
Grand opening Kartika Plaza Beach Hotel dilakukan pada minggu ketiga bulan Oktober tepatnya pada tanggal 20 Oktober 1990.Peresmian pengoperasian Kartika Plaza Beach Hotel oleh Bapak Presiden Soeharto dilakukan pada tanggal 3 Maret 1991. Sejak tanggal 1 Januari 1995 Kartika Plaza Beach Hotel diserahkan pengelolaannya kepada PT. Jakarta International Hotel Management (JIHM) sampai Desember 1998 dan mulai Januari 1999 sampai sekarang pengelolaannya diambil alih oleh Discovery Hotel & Resort (DHR). Setelah melalui renovasi dan efektif mulai tahun 2001 nama hotel diubah menjadi Discovery Kartika Plaza Hotel Kuta Bali.

Lokasi Discovery Kartika Plaza Hotel Bali
Discovery Kartika Plaza Hotel Kuta Bali terletak di kawasan Kuta tepatnya di Jalan Kartika Plaza P.O. Box 1012, Pantai Kuta Selatan, Bali 80361-Indonesia.Lokasi hotel yang dibangun seluas 8 hektar ini sangat strategis karena berdekatan dengan Bandara Internasional Ngurah Rai, pusat perbelanjaan dan rekreasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...