Rabu, 26 Mei 2010

Banjir oh banjir

Banjir adalah peristiwa dimana suatu daerah tergenang oleh air dalam kapasitas yang sangat besar. Biasanya banjir disebabkan oleh curah hujan yang terlalu tinggi sehingga membuat tempat-tempat yang menampung air tidak bisa menampungnya lagi karena kapasitas air yang sangat besar, ditambah lagi dengan adanya penggundulan hutan, dangkalnya sungai oleh lumpur, banyaknya sampah dialiran sungai sehingga aliran sungai tersumbat, banyaknya bangunan rumah dibantaran sungai atau kali yang menyebabkan penyempitan sungai atau kali, dan kurangnya daerah resapan air.

Banjir juga sangat merugikan masyarakat yang terkena musibah tersebut, bukan hanya merugi harta tetapi juga kerap merebut korban jiwa. Hampir disemua bagian dunia pasti pernah mengalami banjir terutama pada musim penghujan.

Banjir dapat dicegah dan ditanggulangi, salah satu contohnya adalah penanaman atau penghijauan kembali (reboisasi), pengerukan lumpur secara rutin oleh alat berat, membuat slogan agar masyarakat tidak membuang sampah dialiran sungai, menggusur rumah-rumah dibantaran sungai atau kali yang dibantu oleh tangan pemerintah dengan cara memberikan rumah yang lebih layak ataupun memberikan pekerjaan yang layak kepada masyarakat dibantaran sungai atau kali tersebut, membuat daerah resapan air yang cukup, dan membuat tempat-tempat penampung air apabila musim penghujan datang.

Marilah kita bersatu untuk membuat hidup yang lebih baik tanpa BANJIR!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...