Senin, 21 Maret 2011

Departemen Housekeeping

Hotel adalah suatu bidang usaha yang menggunakan suatu bangunan atau sebagian bangunan yang disediakan secara khusus, untuk setiap orang yang menginap, makan, memperoleh pelayanan, dan menggunakan fasilitas lainnya dengan pembayaran.


Departemen Housekeeping (Tata Graha) adalah bagian dari departemen yang mempunyai tugas dan tanggung jawab terhadap kebersihan, kelengkapan, keindahan, kerapihan, dan kenyamanan seluruh area hotel baik yang ada didalam gedung maupun yang ada di luar gedung.

Fungsi housekeeping dalam operasional suatu hotel sangat penting yang kegiatannya dipimpin oleh Housekeeping Manager atau Executive Housekeeper.

Dalam hotel organisasi departemen housekeeping biasanya mempunyai tanggung jawab area yang sangat luas serta mempunyai jumlah staff yang lebih banyak dari departemen lainnya.
Oleh sebab itu, untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya di seluruh area hotel, pelaksanaannya diatur menurut seksi-seksi sebagai berikut :

1. ROOM
Room, seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk mempersiapakan dan menjaga kebersihan, kerapihan, dan kelengkapan kamar tamu.

Pada umumnya sebagian besar tamu yang menginap akan menghabiskan waktunya di kamar tidur. Oleh karena itu, kamar tamu harus selalu rapi dan bersih sehingga dapat meningkatkan kepuasan tamunya.
Dan dalam proses pelaksanaan pembersihan kamar tamu tersebut dikerjakan oleh seorang Room boy / Room Maid atau bisa disebut juga Room Attendant.

Tugas dan Tanggung jawab Room Attendant adalah:
- Melaksanakan kebersihan setiap kamar berikut kelengkapannya.
- Melaksanakan kebersihan Room boy Station dan Room boy Trolley berikut kelengkapannya.
- Melaksanakan kebersihan setiap Coridor.
- Mengecek semua kamar pada permulaan shiftnya dan membuat room boy sheet mengenai situasi kamar sesuai dengan kode yang telah ditentukan.
- Mengontrol inventoris, kondisi kebersihan dan kelengkapan setiap kamar di floornya masing-masing.
- Melaporkan segala kerusakkan, kehilangan, kejadian yang tidak semestinya kepada Order Taker atau HK Supervisor.
- Menolong Valet (Laundry) untuk mengumpulkan atau melaporkan cucian tamu yang diLaundry kan.
- Menolong Room Service mengeluarkan piring atau alat makan yang kotor.

2. PUBLIC AREA
Public Area, seksi yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kerapihan, keindahan, dan kenyamanan seluruh area hotel, baik yang ada diluar gedung maupun didalam gedung hotel, antara lain :

• Lobby area
• Restroom
• Lounge
• Bar
• Restaurant
• Meeting room
• Offices
• Tempat ibadah
• Swimming pool
• Fasilitas-fasilitas untuk karyawan hotel
• Ruang makan karyawan (cafetaria)
• Locker karyawan (putra dan putri)
• Area parkir kendaraan karyawan dan area parkir supplier yang datang

Tugas dan Tanggung jawab Public Area adalah :
1. Melaksanakan kebersihan setiap Public Area berikut kelengkapannya.
2. Membersihkan furniture, lantai, karpet, kaca-kaca, pintu dan bingkainya, astray di setiap meja dan standing astray yang ada di public area.
3. Membuang sampah yang ada ditempat sampah disetiap public area ketempat pembuangan sampah yang ditetapkan.
4. Memelihara setiap perlengkapan atau peralatan yang di gunakannya untuk bekerja.
5. Melaporkan segala kerusakkan, kehilangan, kejadian-kejadian yang tidak semestinya kepada HK supervisor.

3. LAUNDRY
Laundry, seksi yang mempunyai tugas melaksanakan pencucian Laundry (cara pencucian atas bahan/pakaian dengan mempergunakan air) dan Dry Cleaning (cara pencucian atas bahan/pakaian dengan mempergunakan bahan kimia/solvent) atas semua bahan/pakaian yang dicucikan.

Fungsi Laundry adalah:
• Mencuci semua perlengkapan hotel yang terbuat dari tekstil.
• Mencuci semua bahan/pakaian tamu yang dicucikan.

Prosedur atau Proses penanganan pencucian pakaian tamu :
a) Taking order
Dapat di lakukan secara langsung (tamu menelpon ke bagian laundry) atau tidak langsung, dengan cara memasukkan cucian ke dalam laundry bag dan mengisi laundry list dan meninggalkannya di dalam kamar.

b) Picking up
Petugas laundry (valet) mengambil cucian tamu di kamar tamu. Sebelum cucian dibawa ke laundry, valet memeriksa kondisi cucian tamu dan mencocokan jumlah cucian yang ada dengan jumlah yang tercatat pada laundry list.

c) Marking
- Memberi tanda pada cucian sesuai dengan nomor kamar.
- Mengelompokkan cucian sesuai jenis bahan, tingkat kekotoran dan warna.

d) Washing
Proses pencucian (laundry dan dry cleaning).

e) Drying
Proses pengeringan cucian, yang disesuaikan dengan jenis bahan pakaian.

f) Pressing
Proses penyetrikaan pakaian yang bertujuan untuk melincinkan dan merapikan. Alat penyetrika yang digunakan, disesuaikan dengan bentuk dan bahan pakaian.

g) Packing
Pakaian dikemas sesuai dengan jenis pakaian dan atau permintaan tamu.

h) Delivering
- Pakaian yang sudah dikemas rapi, kemudian diantar ke kamar tamu.
- Persilahkan tamu menanda tangani bukti bahwa laundry sudah diterima dan beri laundry delivery card.
Bila tamu tidak berada di kamar, maka tempatkan laundry yang sudah ditetapkan dilaundry delivery card dan beri laundry delivery card didalam kamar tersebut.

4. LINEN
Linen, seksi yang bertanggung jawab untuk mengelola sirkulasi seluruh linen dan uniform bagi karyawan, serta mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan linen-linen yang bersih untuk keperluan kamar, restaurant, dan meeting room & menyediakan seragam bersih bagi karyawan.

5. FLORIST
Florist, seksi yang bertanggung jawab untuk menyediakan dan merangkai bunga-bunga segar untuk memperindah dekorasi dalam hotel.

Tugas-tugas utama seorang Florist antara lain:
• Memesan bunga yang diperlukan untuk priode berikutnya.
• Menyediakan dan Merangkai bunga sesuai pesanan untuk kebutuhan operasional.
• Mengantarkan bunga yang telah dirangkai.
• Mengambil vase/keranjang bunga bekas.
• Merawat dan membersihkan semua peralatan atau media yang digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...