Minggu, 01 Januari 2012

Langkah-langkah membersihkan kamar tamu disebuah hotel

1.      Dorong trolley ke depan kamar yang akan dibersihkan, tempatkan trolley pada posisi yang benar.
2.      Ketuk pintu kamar / tekan bel kamar, sambil menyebutkan identitas (Housekeeping.. / Room boy..) sebanyak 3 kali dengan jeda waktu ±5 detik atau ±10 detik.
3.      Bukalah pintu perlahan, sambil menyebutkan identitas kembali.
4.      Masuk ke dalam kamar sambil Nyalakan lampu kamar, dan dengan membawa cleaning kit (Tempatkan cleaning kit dibawah wash basin).
5.      Buka curtain dengan tujuan cahaya matahari dapat masuk serta menerangi kamar.
6.      Padamkan lampu bila perlu dengan tujuan shaving energi, sambil melakukan pengecekan awal terhadap peralatan yang ada didalam kamar.
7.      Kumpulkan semua sampah / kotoran didalam kamar (stripping sampah). Lihat dibawah tempat tidur. Bersihkan tempat sampah.
8.      Keluarkan barang-barang Room Service (plate, glass, try), Jika didalam kamar terdapat barang-barang tersebut. Lalu hubungi Room Service untuk mengangkatnya (clear up).
9.      Kumpulkan barang-barang ini (bila kotor) : kettle jug, glasses, cup saucer, tea spoon, dan asbak (buang isi asbak kedalam tempat yang sudah disiapkan). Tempatkan semua kedalam wash basin untuk kemudian rendam dengan air.
10.  Stripping linen kotor pada bed dengan cara mengupasnya satu per satu, lalu kemudian kumpulkan semua towel kotor yang ada didalam bathroom. Masukkan linen dan towel kotor kedalam dirty linen bag (letakkan di trolley).
11.  Masuk kembali kedalam kamar dengan membawa bed linen bersih untuk kemudian selanjutnya Making Bed.
12.  Masuk kedalam bathroom untuk Cleaning Bathroom.
13.  Hal yang pertama kali dilakukan didalam bathroom adalah Flush toilet dan Semprotkan toilet cleaner kedalam bagian toilet.
14.  Bersihkan (cuci, bilas, keringkan) kettle jug, glasses, cup saucer, tea spoon, dan asbak kotor yang telah direndam sebelumnya didalam wash basin. letakkan semua kembali ditempat yang sudah ditetapkan sebagai standard.
15.  Bersihkan (Semprotkan chemical, sikat, cuci, bilas, keringkan) area didalam bathroom, mulai dari mirror wash basin, wash basin, bath tub, dan lalu shower cabin glasses.
16.  Gunakan Hand glove. Kembali ke toilet yang sebelumnya sudah disemprotkan toilet cleaner untuk menyikat, membilas, dan mengeringkan toilet tersebut.
17.  Kembali ke trolley, ambil dan isi kembali bath linen dan bathroom amenities. Tempatkan di tempat yang sudah ditetapkan sesuai standard.
18.  Pel dan bersihkan lantai bathroom.
19.  Dusting menggunakan kain pembersih untuk membersihkan debu dikamar yang dimulai dari pintu masuk kamar lalu Berjalan sesuai arah jarum jam. Dan sambil Periksa kondisi operational TV, alarm clock, semua lampu dan telephone. (disesuaikan dengan type/layout kamar).
20.  Kembali ke trolley untuk melengkapi guest supplies yang tidak ada. Ganti guest supplies bila perlu dengan mengelilingi kamar searah jarum jam.
21.  Vacum carpet pada kamar mulai dari daerah kamar yang paling jauh dan berjalan mundur.
22.  Final check. Periksa kondisi kamar sekali lagi untuk memastikan bahwa kondisi kamar dalam keadaan baik.
23.  Tutup Curtain, Atur (normalkan) temperatur suhu AC, Semprotkan Air refreshener pada ruangan, dan Ambil waktu sesaat untuk menikmati hasil kerja yang bagus sebelum Mematikan semua lampu.
24.  Tutup pintu kamar dalam keadaan aman dan pastikan pintu telah terkunci.
25.  Mengisi Form list housekeeping (Room Boy Control Sheet).
26.  Dorong trolley menuju kamar selanjutnya yang akan dibersihkan.

9 komentar:

  1. Artikel tentang langkah- langkah membersihkan kamar tamu ini sangat bermanfaat, terimakasih karena sudah share.

    BalasHapus
  2. Terimakasih sangat bermanfaat buat saya untuk belajar tentang Housekeeping

    BalasHapus
  3. Kalau mw nanya apakah kamar anda ingin dibersihkan 'do you want your room cleaned?' Bener gk ya?
    makasih.

    BalasHapus
  4. Terima kasih sangat membantu saya untuk ikut uji kompetenso

    BalasHapus
  5. bukan kompetenso tp kompetensi

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...